Tutorial VSCO Cam untuk Foto Pencahayaan Redup

Tutorial VSCOCam - Pada kesempatan kali ini akan saya share mengenai teknik mobile fotografi pada pencahayaan ruangan yang kurang memadai atau redup menggunakan VSCO Cam.

Seperti yang kita ketahui, mobile photography memiliki beberapa keterbatasan bila dibandingkan dengan kamera DSLR atau Mirrorless.

Keterbatasan yang akan kita bahas bersama pada artikel kali ini adalah mengenai pencahayaan yang kurang.

Smartphone yang kita gunakan memiliki kekurangan dalam hal aperture pada lensanya. Hal ini menyebabkan apabila kita memotret dalam keadaan minim cahaya maka foto yang dihaluskan akan nampak buram. Banyak noise yang muncul serta warna menjadi tidak akurat.

Flash Bukan Solusi
Menurut saya, flash bukanlah sebuah solusi dari permasahan minim cahaya ini karena hasil akhirnya terkadang tidak sesuai harapan. Selain warna yang kurang natural, kadang muncul red eye pada obyek foto.

Memanfaatkan Aplikasi Editing Foto untuk Atasi Cahaya Redup
Aplikasi editing foto pada smartphone baik itu iPhone maupun Android sangat banyak. Anda bisa memilih salah satu, namun kita akan menggunakan VSCO Cam, tentu saja, karena blog ini pun namanya tutorial vscocam, hehehe.

Mari kita lihat apa yang bisa kita peroleh dari aplikasi ini untuk mengatasi foto yang redup karena pencahayaan kurang.

Berikut ini adalah foto asli sebelum kita edit menggunakan VSCO Cam. Saya menggunakan iPhone 5S untuk mengambil momen ini.

foto 1 : tutorial vscocam

Seperti yang Anda lihat, foto ini nampak redup. Saya memotret nya di salah satu tempat nongkrong di sebuah Mall. Waktu pengambilan foto ini kira-kira pukul 17.00. Sudah cukup sore sehingga cahaya matahari sudah berkurang.

Ada beberapa filter yang bisa kita gunakan untuk foto seperti ini. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya saya memutuskan menggunakan filter C7 milik VSCO Cam.

foto 2 : tutorial vscocam


Filter C7 dapat Anda temukan dalam paket The Alchemy Collection yang beberapa bulan lalu dilaunching oleh VSCO Cam. Yup, ini tergolong filter yang cukup baru. Pada penjelasannya filter ini cocok untuk digunakan pada lifestyle photography seperti foto di atas.

Saya memilih filter C7 karena ketika diaplikasikan pada foto dia membantu untuk menyegarkan warna. Pada foto di atas bisa dilihat perbedaan nampak pada warna baju yang dipakai oleh obyek laki-laki nampak lebih biru. Serta pada seragam yang dipakai oleh pelayanan warna kuningnya lebih menyala.

Filter C7 ini juga membantu meningkatkan warna pada lampu ruangan menjadi lebih kuat. Saya berharap ketika nanti exposure dinaikkan warna lampu akan tepat terlihat.

foto 3 : tutorial vscocam

Langkah selanjutnya adalah menaikkan tingkat exposure. Pada foto ini saya menaikkan tingkat exposure menjadi +3. Hasilnya pun langsung terlihat. Kecerahan foto meningkat drastis namun tetap tidak over exposure.

Pada foto 3 masih terdapat kesan dingin yang muncul, hal ini ditunjukkan dari warna dinding yang nampak sedikit biru. Saya mencoba menghangatkan suasana dengan meningkatkan level temperature nya. Hasilnya bisa dilihat pada foto 4 di bawah.

foto 4 : tutorial vscocam

Fungsi temperature yang meningkatkan elemen warna kuning membuat foto lebih hangat. Untuk momen percakapan seperti itu saya berpendapat bahwa kesan yang ditimbulkan haruslah kesan hangat. Karena melibatkan interaksi langsung.

Sentuhan akhir yang saya berikan untuk foto ini adalah meningkatkan saturasi warna naik satu tingkat lebih tinggi. Saya menaikkan tingkat saturation karena ingin lebih memperkuat sinar lampu yang menempel di dinding. Hal itu dapat Anda lihat pada foto ke 5

foto 5 : tutorial vscocam


 Sekian tutorial vscocam kali ini, semoga memberikan inspirasi untuk Anda. Terima kasih.
Previous
Next Post »