Tips Membuat Foto Tampak Keren dengan Filter Q2


Tutorial VSCO Cam - Halo Bro pada artikel kali ini seperti yang terlihat di title nya,  kita akan sama-sama mencoba menerapkan salah satu filter terbaru dari VSCO Cam yang kita sayangi, yang tergolong dalam paket The Alchemy Collection, yaitu filter Q2.


Saat awal paket The Alchemy Collection dirilis terus terang saya masih belum menemukan filter Q2 ini cocok untuk jenis foto seperti apa, atau cocok untuk membentuk kesan seperti apa.


Setelah beberapa kali mencoba menerapkannya di beragam foto yang berbeda-beda, akhirnya saya menemukan bahwa filter Q2 ini sangat bagus digunakan untuk foto yang memiliki unsur warna hitam di dalamnya.

Unsur warna hitam pada foto yang mendapat tambahan filter Q2 dari VSCO Cam ini akan terlihat makin hitam, begitu pula dengan warna abu-abu yang akan menjadi lebih gelap.

Untuk salah satu contoh penerapannya saya menggunakan sebuah foto seorang anak kecil yang saya ambil di sebuah tempat makan. Berikut ini tampilan foto sebelum di edit.


Pada foto di atas ada beberapa elemen warna abu-abu yang cukup banyak, yaitu pada lantai dan juga pagar besi yang terletak di depan anak kecil. Penerapan filter Q2 akan membuat warna abu-abu tersebut nampak lebih gelap.


Saya menggunakan level maksimal hingga +12 untuk melihat perbedaannya dengan lebih jelas. Seperti nampak pada screenshot di atas, penambahan filter ini membuat warna lantai menjadi lebih gelap. Sedangkan untuk warna pagar nya juga menjadi lebih kontras dengan warna temboknya, sehingga makin mempertegas tekstur dari pagar itu sendiri.

Setelah diamati, ternyata bukan hanya warna hitam dan abu-abu saja yang terlihat berubah, warna biru tua pada celana panjang yang dikenakan anak kecil tersebut juga berubah menjadi sedikit lebih gelap.

Hal unik yang saya temui pada filter VSCO Cam terbaru ini adalah untuk unsur warna abu-abu muda yang terdapat pada dinding tidak berubah menjadi lebih gelap melainkan menjadi lebih terang. Apabila dilihat dengan lebih teliti, warna dinding berubah menjadi lebih "terang" setelah menggunakan filter.

Hal ini mirip dengan penerapan fungsi Contrast yang meningkatkan level perbedaan warna gelap dan warna terang.

Dikarenakan peningkatan warna gelap dan peningkatan warna terang pada masing-masing warna maka ada kesan silau yang muncul pada foto. Untuk menguranginya saya menurunkan level Exposure sebanyak satu tingkat. Berikut ini screenshot nya.


Setelah kesan silau nya berkurang, saya mencoba untuk meningkatkan Contrast pada foto sebanyak 2 level.


Penambahan contrast ini saya maksudkan agar foto nampak lebih dramatis dengan perbedaan gelap terang yang cukup terlihat namun tidak silau. Hasilnya foto menjadi lebih keren dan misterius, hehehe.

Sekian tips membuat foto tampak lebih keren dengan VSCO Cam hari ini, selamat mencoba ya.
Previous
Next Post »