Tutorial VSCO Cam Trik Mencerahkan Foto dengan Filter C3

Apa hal paling menarik dalam aplikasi mobile photography seperti VSCO Cam ? Satu hal yang paling saya rasakan adalah semua orang dapat melakukannya. Benarkah ? Yessss. Buktinya ? Saya sendiri adalah buktinya, hehehe. Apakah sebelumnya Anda termasuk yang mengira bahwa untuk membuat blog tutorial ini saya pernah mengikuti photography classes sebelumnya, atau kah harus menggunakan kamera profesional yang mahal ? Oh syukurlah jawabannya, tidak. Saya bukanlah fotografer, namun yang jelas saya menyukai fotografi. Apakah Anda juga seperti itu ? Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan alat seadanya ? Yuk kita lihat bersama-sama.

Editing Photo adalah tentang Keberanian

Satu hal yang mungkin harus dimiliki untuk dapat mempelajari fotografi selain kamera / smartphone itu sendiri adalah keberanian. Yup, keberanian untuk mengambil gambar dengan berbagai gaya dan angle dan keberanian untuk meng explore fitur-fitur yang ada di aplikasi yang kita miliki. Berhubung alat yang digunakan adalah kamera pada smartphone maka tidak ada begitu banyak poin yang perlu diperhatikan. Cukup bidik obyek yang diinginkan, lalu jepret. Begitu seterusnya sampai kita merasa puas dengan hasilnya. Toh kita tidak perlu membayar kan untuk masing-masing foto yang kita ambil, hehehe.

Pada tutorial VSCO Cam kali ini (tolong dibaca sebagai belajar VSCO Cam bersama-sama) kita akan sama-sama mencoba salah satu filter dari puluhan filter yang ada pda aplikasi VSCO Cam yaitu filter C3.
Kita akan gunakan filter ini untuk sedikit memberikan efek mencerahkan pada sebuah foto yang dirasa terlalu gelap dan warnanya terlihat kusam. Anda sendiri dapat mempraktekkannya langsung melalui smartphone masing-masing. Pada dasarnya tidak ada filter yang baku yang digunakan pada sebuah foto. Semua kembali pada selera masing-masing.

Mengatasi Kekurangan pada Kamera Smartphone

Seringkali pengambilan gambar khususnya yang menggunakan kamera smartphone memiliki kekurangan dalam hal pencahayaan. Hal ini disebabkan karena kualitas dan teknologi pada lensa yang terdapat pada smartphone tentunya tidak sebaik dan selengkap kamera DSLR ataupun kamera Mirrorless. Salah satu elemen yang mempengaruhi tingkat kecerahan dari sebuah foto adalah bukaan lensa. Sejauh saya sebagai awam memahami bahwa bukaan lensa inilah yang mempengaruhi seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera. Semakin banyak tentu semakin bagus.

Pengambilan foto di malam hari tentu akan memiliki hasil yang kurang memuaskan apabila kita menggunakan smartphone. Oleh karena itu sebisa mungkin lakukan pada siang hari. Mengapa siang hari ? Banyak penggiat fotografi atau pada banyak photography classes yang menyarankan untuk memanfaatkan cahaya matahari sebagai faktor penunjang untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup. Tentu dalam memanfaatkan cahaya matahari ada teknik-teknik yang perlu dipahami. Barangkali akan kita bahas bersama di artikel selanjutnya.
Oke, pada tutorial kali ini kita akan menggunakan obyek sebuah tas rajut berwarna pink yang digantung di pagar rumah tetangga, hehe.




Memulai Proses Editing

Seperti kita lihat, ada beberapa hal yang bisa kita tingkatkan untuk mendapatkan hasil editing photo yang bagus. Mari kita mulai, buka foto melalui aplikasi VSCO Cam. Kemudian pilih C3 sebagai filter yang akan kita gunakan. Mengapa C3 ? Kembali lagi pada pembahasan sebelumnya bahwa ini adalah murni soal selera. Namun ada beberapa alasan mengapa pada foto ini saya memilih C3 sebagai filter. Alasan pertama adalah menurut saya filter C3 sangat bagus untuk digunakan pada foto-foto yang terlihat kusam. Filter ini seperti menambahkan keceriaan yang hilang pada sebuah foto. Alasan kedua adalah filter C3 tidak mengubah warna tas rajut tadi terlalu drastis. Hanya ada sedikit sekali perbedaan yang timbul. Hal ini penting apabila foto ini nantinya digunakan untuk toko online ataupun untuk ditunjukkan kepada calon customer.



Pada foto ini saya menggunakan filter C3 hingga level +9. Setelah kita menggunakan filter C3, langkah selanjutnya adalah meningkatkan kecerahan pada foto tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan fitur bernama exposure. Yup, exposure inilah yang nantinya akan menjadi salah satu fitur pada VSCO Cam yang akan sering kita gunakan, selain contrast, saturation, temperature, dan beberapa fitur lainnya. Pada foto ini mari kita coba untuk menambahkan exposure menjadi +2.


Seberapa banyak kita menambahkan exposure sendiri bergantung kepada masing-masing foto. Ada foto yang tidak memerlukan penambahan exposure karena sudah cukup terang. Ada pula foto yang perlu ditambahkan exposure hingga +3 +4 +5 dan seterusnya. Sarannya adalah jangan menambahkan exposure terlalu banyak karena akan menyebabkan foto menjadi pudar warnanya.

Setelah kita tambahkan exposure menjadi +2 maka mulai terlihat perbedaannya. Gambar lebih terang dan tidak kusam lagi. Background pada foto yang tadinya berperan dalam menambah kesan kusam sudah nampak lebih cerah. Dan obyek foto pun juga nampak lebih terang dan dapat dilihat.

Hasil Akhir

Terkadang ketika kita menggunakan exposure untuk meningkatkan kecerahan pada foto, beberapa elemen warna akan nampak sedikit memudar. Hal ini dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan fitur contrast. Contrast sendiri berfungsi untuk meningkatkan rasio perbedaan antara elemen gelap dan terang pada foto. Tips adalah gunakan contrast sebagai fitur terakhir, hal ini dikarenakan penggunaan contrast yang berlebihan akan mengurangi tingkat kelembutan pada gambar.



Untuk itu saya hanya menambahkan fitur contrast sebanyak +1. Oke setelah dirasa cukup maka saya berhenti sampai disini. Terkadang kita tidak membutuhkan banyak fitur untuk mengedit sebuah foto karena ini dapat membingungkan. Untuk saat ini cukup dengan menggunakan filter C3, menambah exposure dan contrast pada raw photo sudah menghasilkan foto yang cerah dan lebih bersih. Yup inilah tutorial VSCO Cam singkat untuk editing photo menggunakan kamera pada smartphone android. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Terima kasih telah mengikuti, teruslah berusaha, dan selamat mencoba.


Previous
Next Post »