Filter VSCO Cam Ini Cocok untuk Fotografi Fashion

Tutorial VSCO Cam - Anda seorang fashion blogger yang sedang mengawali karir ? Ataukah Anda memiliki usaha di bidang fashion dan ingin mengerjakan sendiri dokumentasi produk Anda ?

Nah, tutorial fotografi fashion dengan VSCO Cam ini semoga bisa menjadi solusi untuk pencarian Anda.
Tak dapat dipungkiri di era internet saat ini social media telah berkembang dari yang tadinya hanya digunakan untuk update status ataupun bertegur sapa dengan kerabat kini telah banyak digunakan oleh perusahaan baik skala kecil maupun besar, skala lokal maupun global untuk mengenalkan brand atau produk mereka.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan social media untuk mengenalkan brand atau produk Anda. Yaitu tampilan visual. Pepatah lama yang berbunyi, "dari mata turun ke hati" nyatanya masih berlaku saat ini. Bahkan semakin meluas.

Bukan hanya untuk menarik perhatian pasangan saja, peribahasa ini juga berlaku untuk menarik perhatian calon konsumen terhadap produk Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik foto produk Anda adalah dengan menggunakan aplikasi VSCO Cam. Ada beberapa filter pada VSCO Cam yang dapat menjadi prioritas untuk fashion photography editing. Anda perlu mencoba beberapa filter hingga menemukan yang sesuai dengan kesan yang ingin ditimbulkan pada produk Anda.

Salah satunya adalah filter 04 yang tergabung dalam The Legacy Collection milik VSCO Cam. Paket The Legacy Collection ini berisi 10 filter yang dimulai dari filter 01 hingga filter 10.

Pada tutorial VSCO Cam kali ini kita akan menggunakan filter 04.

Untuk foto yang akan di edit dengan filter 04 saya menggunakan salah satu produk tas rajut.



Pada foto ini saya menggunakan contoh foto produk sebuah tas berwarna merah maroon. Sebuah tas rajut cantik dengan tema elegan.

Untuk menonjolkan produk maka saya memilih untuk membuat background (pagar kayu) nampak lebih gelap. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan titik fokus pada tas rajut berwarna merah maroon tersebut.

Untuk filter VSCO Cam yang saya gunakan kali ini adalah filter 04.


Saya menggunakan tingkat maksimal dari filter 04 pada foto ini. Tentu Anda tidak perlu mengikuti hal yang sama apabila dirasa cukup untuk menggunakan level yang lebih rendah.

Efek yang dihasilkan dari filter 04 dapat Anda saksikan pada foto di atas. Apa yang saya harapkan terwujud, background pada foto tersebut yang merupakan pagar kayu terlihat nampak lebih gelap. Dan saya melihat ada sedikit unsur fade yang diberikan filter ini yang membuat tas merah maroon itu terlihat makin elegan. sangat berkelas menurut saya.

Menggunakan Exposure untuk Mengatur Cahaya

Langkah selanjutnya saya mencoba untuk mengurangi tingkat kecerahan dengan mengurangi tingkat exposure nya menjadi -1.


Ini saya lakukan karena tingkat kecerahan pada telapak tangan nampak berlebih sehingga sedikit menyilaukan. Setelah mengurangi level exposure nya warna telapak tangan menjadi lebih lembut.

Mempertajam Warna dengan Meningkatkan Contrast Level

Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah berusaha lebih menonjolkan warna merah pada tas tersebut. Saya memilih menaikkan tingkat kontras menjadi +1.



Hasilnya cukup memuaskan. Warna merah maroon pada tas nampak lebih hidup. Saya sengaja tidak menaikkan level contrast lebih banyak karena dapat mengurangi harmonisasi warna dari foto tersebut.
Yup inilah sekilas tutorial vsco cam yang digunakan dalam fashion photography atau product photography. Semoga bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Previous
Next Post »