Filter Alchemy Collection untuk Foto Pemandangan Alam

Halo Brosis apa kabar ? Lumayan lama nih saya tidak meng update posting di blog ini. Beberapa kesibukan yang cukup menyita perhatian akhir-akhir ini membuat mood menulis lumayan terkuras.

Saat berada di momen sibuk tersebut tiba-tiba muncul pemberitahuan via email melalui smartphone Android saya bahwa VSCO baru saja mengeluarkan filter baru. Wow, saat itu itu juga saya langsung bersemangat untuk membeli dan mencobanya.

Kemudahan yang Didapat dari Skema Potong Pulsa

Bisa dibilang saya adalah salah satu dari jutaan pengguna smartphone di Indonesia yang berbahagia ketika beberapa provider tanah air bekerja sama dengan Google untuk menghadirkan layanan potong pulsa untuk pembelian aplikasi, games, maupun buku pada layanan Google.

Yup, bagi saya yang belum menggunakan kartu kredit, sistem pembelian aplikasi menggunakan skema potong pulsa benar-benar solusi yang telah ditunggu-tunggu. Sekedar informasi saja, provider yang mengawali kemunculan skema ini adalah Indosat, yang kemudian diikuti oleh Telkomsel.

The Alchemy Collection

Oke, cukup mengenai sekilas infonya. Mari kita kembali ke topik, mengulas filter terbaru dari VSCO Cam. Filter terbaru dari VSCO Cam ini bernama The Alchemy Collection. The Alchemy Collection sendiri terdiri dari 10 preset yang bersandi Q1-Q10.

Perlu saya infokan sekali lagi bahwa saya bukanlah seorang fotografer, bahkan saya “hanya” menggunakan sebuah smartphone Android untuk menyalurkan hobi saya di bidang fotografi. Jadi tolong, jangan bandingkan hasil foto saya. Segala hal yang ada di blog ini adalah berasal dari rasa ingin tahu untuk mempelajari lebih dalam mengenai aplikasi mobile editing photography. Hehehe.

Berdasarkan keterangan singkat pada aplikasi VSCO Cam, dijelaskan bahwa The Alchemy Collection ideal untuk digunakan pada fotografi lifestyle, stylized portraiture, dan gambar yang menunjukan statement yang kuat.

Satu hal yang pasti setelah beberapa kali mencoba menggunakan filter baru ini adalah The Alchemy Collection sangat cocok digunakan untuk street photography. Filter ini sangat cocok digunakan pada foto-foto outdoor, entah itu dengan tema/.  alam ataupun jalanan.

Percobaan pada Foto dengan Tema Alam

Pada percobaan kali ini saya menggunakan foto pemandangan alam. Foto ini adalah pemandangan pegunungan di daerah Gunung Banyak. Pada foto ini terdapat dua obyek yang menjadi pusat perhatian yaitu tenda berwarna kuning dengan latar belakang hutan pinus.

Saya menggunakan filter Q1 milik Alchemy sebagai percobaan pertama. Untuk mengetahui secara jelas efek yang timbul dari filter ini saya memaksimalkan hingga level 12.
Hasil dari filter Q1 ini tampak pada gambar di bawah.


Seperti yang Brosis lihat, filter Q1 memberikan efek seperti mempertegas perbedaan antara daerah gelap dan terang pada foto. Hal ini cukup bagus untuk foto pemandangan karena semakin memperjelas bentuk dari obyek seperti rerumputan dan pohon tanpa harus meningkatkan level sharp nya.

Foto yang mendapat filter Q1 pun nampak menjadi lebih terang. Hal ini terlihat dari warna awan yang tadinya nampak kusam karena mendung menjadi lebih cerah dan berwarna lebih putih.

Filter Q1 menurut saya memberikan kesan klasik yang unik. Hasil foto yang menggunakan filter Q1 seperti mendapat lapisan warna biru dan hijau. Oleh sebab itu apabila Anda lihat pada hasil gambarnya warna hijau dedaunan dan pohon nampak lebih terlihat.

Setelah menggunakan Q1 saya mengurangi exposure menjadi -1 agar menjadi lebih gelap, dan menambahkan contrast nya menjadi +1 untuk menambah ketajaman warna.



Sekian hasil editing menggunakan filter baru milik The Alchemy Collection. Untuk artikel selanjutnya saya akan coba menggunakan filter Alchemy yang lainnya dengan foto yang sama seperti pada artikel ini untuk mengetahui perbedaannya.


Terima kasih, dan selamat bereksperimen.
Previous
Next Post »