Cara Membuat Efek Foto Dramatis dengan VSCO Cam



Cara Membuat Efek Foto Dramatis dengan VSCO Cam. Halo bro ketemu lagi, pada tutorial vsco cam kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai filter pada aplikasi kesayangan pengguna Android dan iOS, VSCO Cam, yang cocok untuk digunakan saat ingin menghasilkan efek sinar cahaya matahari pada foto Anda.

Dengan segala keterbatasan yang ada pada fitur kamera smartphone, kita tentu tidak ingin berdiam diri begitu saja kan ? Sebagai sesama penggemar fotografi tentu kita juga ingin dapat menghasilkan foto yang keren dan dapat dinikmati (setidaknya menurut diri sendiri, hehehe).

Menurut saya, salah satu cara menghasilkan foto yang keren adalah dengan membuat foto tersebut menjadi dramatis. Bahkan untuk momen sederhana.

Membuat Momen Sederhana pada Foto Lebih Berkesan

Pada artikel kali ini saya menggunakan foto dua gadis kecil berbeda usia yang sedang mencoba berkenalan dengan cara mereka sendiri, yang menurut saya menggemaskan.

 

Pada foto awal ini terlihat bahwa sinar matahari datang dari arah kanan. Foto ini saya ambil pada saat sedang bersantai di sebuah rumah makan. Di sebelah kanan terdapat jendela yang cukup lebar sehingga intensitas cahaya yang masuk cukup bagus

Untuk memperjelas efek sinar matahari yang masuk dari sebelah kanan pada foto ini saya memilih menggunakan filter pada Alchemy yaitu q10.

Saya mengatur level filter ini hingga level maksimal, yaitu level 12. Pada gambar di bawah dapat dilihat perbedaan yang muncul setelah menggunakan filter ini.


Satu hal yang saya inginkan adalah mempertegas perbedaan gelap dan terang. Dan ini saya dapatkan dari filter ini. Filter q10 semakin memperjelas sinar matahari yang masuk dan menerpa kedua gadis ini serta dinding artificial grass ini yang menghasilkan bayangan yang menambah efek dramatis.

Mencoba Fitur Lain pada VSCO Cam

Anda bisa berhenti sampai di sini apabila sudah cukup puas dengan hasilnya. Namun apabila masih ingin bermain-main dengan fitur-fitur lainnya, Anda dapat mencoba menambahkan level exposure agar foto lebih terang.

Saya menganalogikan hasil dari penambahan exposure sebanyak 1 tingkat bagaikan memperlebar ukuran jendela pada ruangan tersebut. Jendela yang lebih besar maka akan meningkatkan intensitas cahaya yang masuk. Hasilnya, foto yang lebih terang tentunya.



Namun, ada satu hal yang kurang saya sukai saat menambah level exposure nya, yaitu bayangan yang tadi telah terbentuk menjadi sedikit pudar. Namun jangan khawatir, Anda dapat menggunakan fitur contrast untuk meningkatkan perbedaan gelap terang foto ini.

Cukup tambahkan satu level saja karena fitur contrast ini sangat sensitif. Sedikit saja menggunakannya sudah memberikan dampak.



Memberi Efek Cahaya Matahari Sore pada Foto

Apabila Anda ingin memberikan efek sinar matahari sore yanghangat, gunakan fitur temperature. Fitur ini akan meningkatkan kehangatan pada foto dengan memberikan nuansa kuning, mirip seperti sinar matahari sore yang hangat.



Yup sekian dulu artikel tutorial vsco cam tentang tips membuat foto menjadi lebih dramatis, dengan memberikan efek terpaan cahaya matahari menggunakan filter Q10 yang ada pada aplikasi editing foto VSCO Cam, baik untuk Android maupun iOS. Selamat mencoba Kawan.


 

Previous
Next Post »